RATU ADIL

Tidak sedikit yang meyakini, bahwa kelak akan muncul seorang imam atau pemimpin, yang akan mengembalikan kejayaan Islam, di tengah-tengah kehidupan umat manusia. Dari keyakinan tersebut melahirkan berbagai dugaan serta prediksi siapa-siapa yang akan menduduki posisi sebagai pemimpin tersebut.

Dari kalangan Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah beranggapan, imam yang dimaksud adalah Al Mahdi Al Muntazhar. Sosok yang telah mengalami ghaibah kubra (kegaiban besar) di tahun 329 H.

Sementara itu dari kalangan Ahmadiyah beranggapan imam tersebut tidak lain adalah pemimpin mereka Mirza Ghulam Ahmad. Selain itu, banyak sosok lain yang dianggap akan menduduki posisi tersebut.

Di Indonesia, kepercayaan tersebut memunculkan adanya Mahdi-isme yang dikenal dengan istilah ‘Ratu Adil’. Beberapa peristiwa yang berkaitan dengan hal ini adalah sebagai berikut.

Pada tahun 1924 M, saat muncul gerakan Ratu Adil yang dipimpin Ranajemika.

Pada tahun 1935 M muncul lagi di Wanagiri dipimpin oleh Kyai Wirasanjaya.

Pada awal abad ke-21 ini, gerakan ini muncul lagi melalui Jama’ah Salamullah, yang dipimpin oleh Lia Aminuddin.

Keberadaan Mahdi-isme ini, oleh mereka yang percaya dilandasi pada beberapa isyarat yang disampaikan Rasulullah SAW. Isyarat tersebut mengabarkan akan munculnya seorang pemimpin yang akan memenuhi bumi ini dengan keadilan dan kebenaran.

Namun sayangnya, sering kali dalil-dalil yang dikemukakan, ditafsirkan sedemikian rupa sehingga memunculkan sosok-sosok secara personal. Masing-masing kelompok berusaha memberikan penafsiran ‘Sang Pemimpin’ itu adalah seseorang dari kalangan kelompok mereka. Dengan banyaknya kelompok yang berkembang di lingkungan masyarakat, jadi makin simpang siurlah makna ‘Sang Pemimpin’ itu.

Demikian simpang siurnya berita dan penokohan sosok-sosok secara personal, sampai-sampai Ibnu Khaldun angkat bicara. Beliau berpendapat bahwa hadits-hadits berkenaan dengan Imam Mahdi, semuanya tidak dapat dijadikan pegangan.

Hendaknya dalam mencari seorang Ratu Adil, kita menteladani penyelenggaraan sholat berjama’ah di suatu masjid. Di saat orang-orang berdatangan menuju ke masjid, mereka tidak memikirkan siapa yang bakal menjadi imam atau pemimpin sholat. Begitu waktu sholat tiba, dengan sendirinya dari jama’ah yang hadir, pasti akan muncul seorang imam yang akan memimpin sholat.

Ini berlaku pula dalam hal kepemimpinan umat secara lebih luas. Yang terpenting bukan persoalan imamnya. Imam bisa muncul dengan analogi seperti di atas. Untuk itu, ‘mau atau tidak’ umat Islam untuk berjamaah dalam satu kepemimpinan, untuk secara bersama-sama menuju cita-cita yang didamba, mewujudkan kejayaan umat Islam di seluruh dunia.

Gambaran ini telah ada di dalam QS. At Taubah ayat 33,

“Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk (Al Qur’an) dan agama yang benar untuk diunggulkan atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai.”

Di saat umat Islam telah bersepakat untuk menyatukan potensi, dengan selalu berpedoman kepada Kitabullah Al Qur’an dan Sunah Rasulullah SAW di dalam setiap langkahnya, ‘Sang Imam’ tanpa harus dicari dan ditunggu, akan muncul dengan sendirinya.

Iklan

One thought on “RATU ADIL

  1. SALAM SEJAHTERA YANG PENUH DENGAN RAHMAT SANG RABBUL,ALAMIN, buat seluruh PARA PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21, DALAM LINGKUP GLOBAL :: Ratu Adil atau Imam Mahdi, jika mereka telah hadir.
    SALAM SEJAHTERA juga kepada Budak Angon / Satria Pininggit bersama Budak Janggotan / Satria, jika mereka telah hadir.
    SALAM SEJAHTERA juga kepada saudara yang menulis artikel di atas.

    SALAM SEJAHTERA YANG PENUH DENGAN RAHMAT SANG RABBUL,ALAMIN saya sampaikan BUAT SELURUH PEMBAHARU YANG MEMAHAMI SUNDA SEBAGAI TATANAN SISTEM YANG BERSIFAT GLOBAL.

    MOHON MAAF KEPADA PIHAK YANG MEMAHAMI SUNDA SEBAGAI ETNIS YANG BERSIFAT LOKAL ATAU NASIONAL TIDAK AKAN SAYA SAMPAIKAN SALAM SEDIKITPUN, karena mereka di luar pemikiran saya.

    Saya sampaikan “BABASAN SAKRAL BERTUAH”: Babar Kecap Panyipuhan Alam Panyundaan dalam bahasa Sun~Primer sbb:
    .
    BABAR KECAP PANYIPUHAN ALAM PANYUNDAAN
    .
    Bismillahi Dzat nu Nyipta tur ngabuka babak lampah
    Jagat Raya Nu jadi ka-RUH-an Sarining Haya.
    Sumujud nyungkur ka Papayung ti Hiung Agung
    Nu Tunggal ngajadikeun rupaning nu Manunggal.
    Laaillaha illalloh Muhammaddarrosulloh.
    Kalayan Kasalametan ka Jungjunan Alam, Khalifatulloh
    Nu jadi ka-RUH-un Sarining Sukma.
    Sinembahing mulya ka Indung rawuh ka Bapa, tur Tatar Adat Nusa
    Nu jadi cukang lantaran kapanga-RUH-an Sarining Kuring ngajirim jatidiri.
    Kalayan hormat ka para Luluhur Sunda nu nancebkeun Sulur Buah Pikiran Luhung,
    Nu jadi Pamancar, Pamancir jeung Pamancur Palasifah Sunda

    Babak carita urang buka ku tekad tata jeung cara,
    Sunda NINDAK ngudag WAYAH :
    Bral urang Milampah MARTABAT Kamanusaan Sunda.
    Prak urang Makalangan DARAJAT Kahirupan Sunda.
    Prung urang Ngawangun KALUHUNGAN Adat Budaya Sunda.

    Hurung ngempur Lampu Agung Siang Leumpang Ngabaladah:
    Ku Rasa nu Ngabasa.
    Ku Basa nu Mangrupa.
    Ku Rupa nu Ngaungkara.
    Ku Ungkara nu Nanggara.
    Ku Tanggara nu Ngauga.
    Ku Uga nu Ngawaruga.

    Tujuh Rupa Ungkara nyipuh ngahirupan Dalapan Belas Rupa Puraga Talahawa.
    Jadi konci pikeun muka rusiah sabundering jagat:

    Pangjangka nu ngajarak saban arah – ngajadikeun KARAMAH.
    Pamatri nu ngajirim kana diri – ngajadikeun KARIMAH.
    Panglawung ngagabung sabale gandrung – ngajadikeun KARUMAH.
    Pangleber nu meber ka sekeseler – ngajadikeun KAREMAH.
    Pangjero nu ngawaro ka panggero – ngajadikeun KAROMAH.
    Panggeter nu meper – ngajadikeun KAReMAH.
    Pangangkleung nu cukleuk leuweung – ngajadikeun KEREUMAH.

    Basa nu hirup dina Rasa – Nga Uga KANYATAAN.
    Basa nu hirup jadi Wasa – Nga Waruga KALAMPAHAN.

    Indung nu jadi simbul Panyipuh :
    Kembang tujuh rupa nu baris mere tangara seungitna Jati Sunda.
    Cai sajeroning kalapa nu baris matri ngadiri kana Sukma Jati Sunda.
    Gelarhirhing ” BABAR SUNDA – DINA UGA – NGAWARUGA “.

    Bral muka jalan tatapakan Manusa Sunda ti Nusantara rek ngalanglang Jagat,
    Poma tong ngahalangan bisi Katulah.
    Kuring rek ngalengkeh ti Wewengkon Siliwangi
    Mere beja nu TEGES – ECES – BENTES :

    SUNDA MAPAG UGA, Nyukcruk Kaluhungan Indung.
    SUNDA NANJEUR, Parahyangan Beuneur.
    SUNDA MEGAR, Pajajaran Medar.
    SUNDA SURTI, Siliwangi Walagri.
    SUNDA NINDAK, Buana Robah Jadi Alam Panyundaan.
    SUNDA INDUNG sagala manusa.
    SUMSUM BALUNG SUKMA PANGAWASA.
    Bral…! Prak…! Prung…!
    .
    Sang Pembaharu Dunia Di Abad 21
    Zaro Bandung Zaro Agung Majelis Agung Parahyangan Anyar
    MANDALAJATI NISKALA
    Dengan nama asli:
    CAKRA WALUYA WIRAPATI SURAMANGGALA

    Catatan:
    MANDALAJATI NISKALA bukan RATU ADIL, bukan IMAM MAHDI dsb, tapi:
    Sang Filsuf Sunda Abad 21.
    Sang Pembaharu Dunia Di Abad 21.
    Sang Pujangga Gelombang Baru.
    Sang Penemu Kunci Rahasia Wahyu Cakra Ningrat dll.
    Sang Zaro Bandung Zaro Agung Majelis Agung Parahyangan Anyar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s